Sejarah Pengembangan Aplikasi Pembaca Layar untuk Tunanetra

Masih banyak di kalangan Masyarakat yang terheran-heran bagaimana seorang tunanetra atau orang dengan hambatan penglihatan dapat mengakses computer dan telepon pintar. Sebuah teknologi yang memungkinkan itu semua dinamakan aplikasi pembaca layer atau Screen Reading Software. Aplikasi pembaca layar untuk tunanetra telah berkembang seiring waktu dengan kemajuan teknologi komputer dan digital. Namun apakah kamu tahu bagaimana awal mula aplikasi yang mahapenting untuk seorang tunanetra ini diciptakan?

 

  1. Awal Mula (1970-an – 1980-an)

Pada tahun 1970-an, teknologi komputer mulai berkembang, tetapi aksesibilitas bagi penyandang disabilitas masih sangat terbatas. Pembaca layar pertama kali muncul pada akhir 1970-an dan awal 1980-an.

  • 1976: Telesensory Systems, Inc. (TSI) mengembangkan Optacon, sebuah perangkat yang memungkinkan tunanetra membaca teks cetak dengan mengubah huruf menjadi pola getaran yang dapat dirasakan dengan jari.
  • 1986: Jim Thatcher, seorang insinyur IBM, mengembangkan Screen Reader/2 (SR2) untuk sistem operasi OS/2 IBM, yang menjadi salah satu pembaca layar awal untuk komputer pribadi.
  1. Perkembangan Lanjutan (1990-an)
Baca:  Apple's New Braille Keyboard, Fitur Accessible Baru Dari IOS 8

Pada dekade 1990-an, pembaca layar mulai lebih banyak dikembangkan dan digunakan secara luas seiring dengan peningkatan penggunaan komputer pribadi.

  • 1995: Freedom Scientific meluncurkan JAWS (Job Access With Speech), yang kemudian menjadi salah satu pembaca layar paling populer di dunia.
  • 1999: Dolphin Computer Access merilis Supernova, yang tidak hanya berfungsi sebagai pembaca layar tetapi juga memiliki fitur pembesaran layar.
  1. Era Modern (2000-an – Sekarang)

Dengan perkembangan internet dan perangkat mobile, pembaca layar menjadi lebih canggih dan tersedia di berbagai platform.

  • 2001: Apple memperkenalkan VoiceOver, pembaca layar yang terintegrasi dalam sistem operasi Mac OS X.
  • 2009: Apple memperluas VoiceOver ke iOS, membuat iPhone menjadi salah satu perangkat mobile pertama yang memiliki pembaca layar bawaan.
  • 2009: Google meluncurkan TalkBack, pembaca layar untuk perangkat Android.
  • 2010: Microsoft memperkenalkan Narrator, pembaca layar bawaan untuk Windows, yang terus diperbarui dan ditingkatkan dalam versi Windows berikutnya.

Tren dan Inovasi Terkini

Pembaca layar modern saat ini tidak hanya mampu membaca teks di layar tetapi juga memberikan dukungan untuk berbagai aplikasi dan layanan web. Inovasi terkini meliputi:

  • Integrasi dengan teknologi AI untuk peningkatan pengenalan teks dan objek.
  • Dukungan multibahasa yang lebih baik.
  • Peningkatan aksesibilitas dalam aplikasi dan perangkat lunak mainstream, termasuk aplikasi media sosial, perbankan, dan produktivitas.

Perkembangan aplikasi pembaca layar telah sangat meningkatkan kualitas hidup tunanetra dengan memberikan akses yang lebih baik ke informasi dan teknologi, serta mendukung kemandirian dan partisipasi mereka dalam masyarakat digital. Khususnya dengan perkembangan terkini kehadiran AI, membuat lebih banyak kemungkinan untuk seorang tunanetra yang akan dibahas pada artikel lainnya.

 

Referensi

  1. Jim Thatcher – “Screen Reader/2”: Merupakan salah satu pengembangan awal untuk pembaca layar pada sistem operasi IBM OS/2.
    • Thatcher, J. “Screen Reader/2: Access to OS/2 and DOS Applications,” IBM Technical Disclosure Bulletin, 1986.
  2. Freedom Scientific – “JAWS for Windows”: Merupakan salah satu pembaca layar paling populer yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1995.
  3. Dolphin Computer Access – “Supernova”: Pembaca layar dan pembesar layar yang dirilis pada tahun 1999.
  4. Apple VoiceOver: Pembaca layar yang diperkenalkan pertama kali untuk Mac OS X pada tahun 2001 dan untuk iOS pada tahun 2009.
  5. Google TalkBack: Pembaca layar untuk perangkat Android yang diluncurkan pada tahun 2009.
    • Google Accessibility. “TalkBack,” Google website, https://support.google.com/accessibility/android/answer/6283677?hl=en.
  6. Microsoft Narrator: Pembaca layar bawaan untuk Windows yang pertama kali diperkenalkan pada Windows 2000.
  7. National Federation of the Blind: Informasi tentang berbagai teknologi aksesibilitas dan pembaca layar untuk tunanetra.
    • National Federation of the Blind. “Technology,” NFB website, https://www.nfb.org/programs-services/technology.
Baca:  Keberadaan Teknologi untuk Disabilitas
Bagikan artikel ini
Redaksi
Redaksi

We provide information, news, articles, opinion, and tutorial that not only inspire you, but also encourage yu to contribute in building Indonesian inclusive society.

Articles: 70

2 Comments

Leave a Reply