Panduan Mengunduh Software di Situs Blind Help

Blind Help adalah sebuah situs web yang menyediakan software, audio book, dan berita teknologi untuk disabilitas netra secara berkala. Hampir 1 dekade ini, keberadaan Blind Help cukup menyita perhatian, khususnya dari dunia teknologi disabilitas netra. Selain sebagai situs penyedia, mereka juga menyediakan ruang bagi penggunanya untuk menjadi kontributor. Dengan membuat akun dan bergabung di grup Telegram dan WhatsApp-nya, kita bisa berdiskusi via chat dan memosting software atau informasi teknologi asistif yang lain di situs webnya.

 

Baca:  Screen Reader Populer di Indonesia

Bagi saya sendiri, Blind Help selalu menjadi opsi pertama dalam mencari software setelah tidak menemukannya di toko aplikasi. Meskipun software yang diunggah di sana gratis karena sudah dimodivikasi, saya merasa yakin dengan keamanan dan aksesibilitasnya. Biarpun demikian, kadang muncul perasaan dilematis, perasaan yang mempertanyakan tentang apakah etis saya mengunduh software secara cuma-cuma, padahal seharusnya bisa dibeli secara resmi? Tapi, karena sejauh ini saya baru bisa membeli aplikasi Android via Playstore dan biaya tidak selalu ada, akhirnya pilihan mengunduh versi modivikasi harus saya lakukan.

 

Pastinya, saya berharap teman-teman bisa lebih baik daripada saya dalam mengakses beragam teknologi asistif, ya? Back to laptop! Adapun cara mengakses situs Blind Help berdasarkan

video tutorial dari Channel Youtube Dunia Netra

sebagai berikut!

 

  1. Ketik

Blindhelp.net

kotak edit penelusuran halaman beranda browser kita dan klik enter untuk masuk.

  1. Cari link

software

untuk lebih fokus mencari software yang kita inginkan.

  1. Telusuri satu persatu software yang kita ingin dapatkan.
  2. Pilih salah satu, kemudian cari link download untuk memperoleh software-nya.
  3. Alternatif lain agar lebih cepat kita mendapatkan software, silakan masuk ke kotak pencarian atau search.
  4. Sesudah mengetikan kata kunci, hasil penelusuran akan muncul sama seperti saat tadi kita menelusuri secara manual.
  5. Penggunaan kotak pencarian ini bisa dari mana saja, dari awal ataupun pada halaman tertentu. Pastinya kotak pencarian atau search berada di bagian atas layar atau tidak jauh jika kita bernafigasi dengan menggeser layar ke kanan atau bisa juga mengetikan e untuk shortcut-nya di PC.

 

Sebetulnya, kalau kita mau eksplorasi pada berbagai sumber, lebih banyak lagi sumber untuk memperoleh akses pada teknologi asistif. Bisa dari video tutorial, podcast, artikel, ataupun lain jenis lagi. Ini hanya salah satunya saja. Yang terpenting dalam hal ini, motivasi kita untuk terus belajar harus tetap ditingkatkan dan ketelitian saat eksplorasi harus terus dijaga.

Baca:  Mendaki Gunung Versi Tunanetra

 

Bantul, 25 mei 2024

 

 

Bagikan artikel ini
Akbar AP Pendekar Kelana
Akbar Ariantono Putra

Akbar Ariantono Putra, lebih akrab dengan Akbar AP, lahir di pinggiran sebelah timur Kota Bantul pada 02 Februari 2003. Terlahir sebagai Disabilitas Netra, tidak membuatnya surut dan gagal dalam menjalani hidup. Baginya, ada kelebihan di balik kekurangan. Ada potensi meski dalam keterbatasan.

Pria yang cenderung introvert ini menyenangi bacaan bertema fiksi seperti petualangan dan fantasi serta non-fiksi semisal sejarah, biografi, dan isu sosial. Moto hidupnya adalah :
🌹Ya Allah, Gusti Sesembahan Seluruh Semesta Alam, Ajari Aku, Supaya Menjadi Sebuah Bahtera Jiwa, Yang Mampu Melayari Samudra Kehidupan Ini, Yang Selalu Ada Gelombang Cobaan Yang Memberikan Pengalaman Penuh Hikmah💎&💎Memperkaya Jiwa.🌻

Articles: 9

One comment

  1. Setuju. sebaiknya memang users bijak dalam menggunakan software bajakan. Sebab selalu ada risiko di baliknya. Harga dan biaya selalu menjadi pemicu dalam hal ini. Namun trend pengembang software yang cenderung banyak menerapkan sistem subscription atau berlangganan, dapat jadi solusi pada soal software bajakan ini. User dapat menggunakan aplikasi dan membayar sesuai dengan durasi yang dibutuhkannya.

Leave a Reply