Kartunet Bekerjasama dengan Kresuber dalam Revitalisasi Website Karya Tunanetra

Kartuneters, sebagai salah satu komunitas disabilitas online paling awal  di Indonesia, Kartunet baru-baru ini melakukan banyak pembaruan pada situs web resminya di www.kartunet.com. Pembaruan ini mencakup berbagai perubahan signifikan pada tampilan dan fitur situs web.

Salah satu perubahan terbesar adalah penambahan fitur forum. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bertanya, berdiskusi, dan berbagi informasi tentang berbagai topik. Selain itu, setiap halaman kini dilengkapi dengan fitur aksesibilitas yang memudahkan kartuneters untuk menavigasi dan menyesuaikan tampilan sesuai kebutuhan mereka.

Baca:  Penyandang Disabilitas Menawarkan Solusi Melalui ICT

Pada pembaruan kali ini, Kartunet menjalin kerjasama dengan Kresuber Digital, sebuah agensi digital yang khusus menangani pembuatan situs web secara profesional. Melalui pendirinya, Febri Suryanto, Kresuber Digital sangat membantu kami dengan komunikasi yang efektif dalam menentukan fitur-fitur yang harus ada, terutama yang berkaitan dengan aksesibilitas untuk pembaca layar yang digunakan oleh para tunanetra pengguna aplikasi pembaca layar.

 

Sekilas Mengenai Kresuber Digital

Kresuber adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan website profesional. Mereka menawarkan pembuatan website dengan harga terjangkau dan desain yang menarik.

Layanan Kresuber:

  • Pembuatan website dengan desain profesional
  • Harga terjangkau
  • Optimasi kecepatan loading website
  • Strategi SEO dan SEM
  • Pembuatan animasi 2D dan 3D
  • Desain logo dan branding
  • UI/UX untuk website dan aplikasi

Untuk tahu lebih banyak tentang kresuber digital, kartuneters dapat mengakses laman kresuber di sini.

Dimas Muharam, co-founder Kartunet, merasa bersyukur dengan kerja sama ini sebag ada transfer knowledge dan tukar pengalaman dalam proses pengerjaannya.

“Awalnya saya menghubungi senior kampus dan juga pemilik jasa Kontenesia.com, ka Ramadoni, jika ada pihak yang dapat membantu Kartunet untuk memperbaiki tampilan serta performa website. Lalu beliau menyampaikan ke komunitas pengguna WordPress di Indonesia dan mas Febri dari Kresuber bersedia untuk membantu.”.

Penggiat WordPress Meet Up Serang, Banten, tersebut sangat terbuka untuk mendengarkan keinginan kami  merevitalisasi website Kartunet.com menjadi lebih aksesibel untuk pengguna yang tunanetra, tapi tetap nyaman secara visual untuk pengguna berpenglihatan.

“Dari kerja sama ini terjadi tukar pengalaman dari kami para tunanetra yang memmiliki sedikit pengetahuan untuk web coding dan penggunaan content management system (CMS) WordPress tapi terkendala dari sisi tampilan visual website, dibantu oleh mas Febri yang sekaligus mendapat pengalaman langsung membangun website yang aksesibel dan langsung dicoba aksesnya oleh kami sebagai users”, ujar Dimas.

Baca:  Top 50 Kontes Blogging Kartunet Kampanye Aksesibilitas tanpa Batas

Beberapa teman tunanetra anggota komunitas Kartunet menyampaikan pengalamannya saat berselancar di website Kartunet yang telah divermak oleh Kresuber.

“Menurutku website jadi lebih aksesibel dan tampilannya sederhana”, pendapat Satria di grup Whatsapp Kartunet Club. Hal senada juga disampaikan oleh Prima.

“Lebih responsif mas websitenya. Menu-menu juga mudah diakses.” ujar Prima dari rekaman pesan suara.

Berbagai perbaikan ini semoga lebih memudahkan para Kartuneters dalam mengakses fitur-fitur yang disediakan di website. Baik yang ingin menerbitkan karya tulisnya di website, mendengarkan podcast, belajar mengenai teknologi aksesibel, atau berdiskusi dan mengembangkan diri bersama di forum. Terkhusus ucapan terima kasih kami haturkan ke mas Febri dan tim di Kresuber yang telah sepenuh hati dan kesabaran untuk menghasilkan tampilan serta performa website Kartunet yang nyaman untuk Kartuneters. Harapannya, menjelang dua dekade kiprah Kartunet di tahun 2026 nanti, Kartunet dapat lebih memberi manfaat dan menjadi portal informasi terdepan untuk komunitas disabilitas di Indonesia.

Bagikan artikel ini
Redaksi
Redaksi

We provide information, news, articles, opinion, and tutorial that not only inspire you, but also encourage yu to contribute in building Indonesian inclusive society.

Articles: 70

2 Comments

Leave a Reply