7 TIPS OPTIMALKAN VIEWERS UNTUK KREATOR TIKTOK NETRA

Kartuneters,

Dalam tiga tahun terakhir, platform video pendek seperti TikTok telah menjadi tren di mana-mana. Digunakan oleh orang dengan berbagai latar belakang dan berbagai usia.

Sebagai tunanetra yang sudah melek teknologi, banyak kreator dari kalangan tunanetra yang memulai karirnya di dunia TikTok ini. Dengan durasi yang pendek dan algoritma yang sangat personal, TikTok menjadi platform yang gampang-gampang susah untuk dijelajahi. Namun, karena algoritma TikTok yang sangat personal, tunanetra pun bisa memiliki penonton setianya masing-masing.

Sekadar informasi, TikTok memperhatikan konten mana saja yang disukai oleh penggunanya. Mereka menganalisis seberapa lama kita menonton satu video. Semakin lama kita menahan diri untuk tidak menggeser satu video, maka TikTok akan menyimpulkan bahwa kita menyukai jenis video seperti itu. Jadi, saya butuh waktu tiga hari sampai satu minggu untuk memberi tahu TikTok, konten mana saja yang saya inginkan ada pada feed.

Baca:  Format Teks di Microsoft Word 2016

Nah, untuk Kartuneters yang sedang ingin memulai karirnya di TikTok, berikut ini ada tips-tips yang bisa Kartuneters pakai supaya cepat mendapatkan viewers:

  1. Kualitas Konten Menarik: Pastikan video kamu menarik perhatian dengan konten yang kreatif, lucu, atau informatif. Semakin menarik konten kamu, semakin besar kemungkinan mendapatkan views yang banyak.
  2. Kenali Penonton dan Berinteraksi: Analisis penonton teratas dan berinteraksi dengan pengikut melalui komentar atau diskusi. Semakin banyak interaksi, semakin besar kemungkinan video kamu mendapatkan rekomendasi di feed pengguna lainnya.
  3. Gunakan Hashtag yang Tepat: Pilih hashtag yang relevan dengan konten kamu dan yang sedang tren di TikTok. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah penonton di video kamu.
  4. Pakai Musik Populer: Musik seringkali menjadi kunci kesuksesan untuk mendapatkan jumlah penonton di TikTok.
  5. Unggah di Waktu yang Tepat: Posting video di waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang video kamu dilihat oleh lebih banyak orang. Cobalah untuk mengunggah saat audiens target kamu paling aktif.
  6. Partisipasi dalam Tantangan: Ikut serta dalam tantangan atau tren yang sedang populer di TikTok dapat membantu meningkatkan visibilitas konten kamu.
  7. Kolaborasi dengan Kreator Lain: Bekerja sama dengan kreator lain dapat membantu memperluas jangkauan audiens kamu dan mendapatkan lebih banyak views.

Jangan khawatir, untuk Kartuneters yang memiliki kesulitan dalam editing video, kini bukan satu-satunya aspek yang menarik penonton. Jika Kartuneters sering mengikuti streaming games, Kartuneters akan sadar bahwa aspek penting lainnya selain visual adalah personality. Dengan game yang sama dan waktu yang bersamaan, masing-masing streamer akan memiliki penontonnya sendiri.

Hal itu dapat disimpulkan bahwa personality adalah daya tarik tersendiri. Hal itu meliputi beberapa hal, seperti:

  • Gaya bicara;
  • Cara seseorang berpikir dan mengambil kesimpulan;
  • Ciri khas ketika seseorang menemukan sesuatu seperti tagline atau bahasa khas yang digunakan. Pada kasus di Indonesia, khas komedian Komeng saat mengatakan “spontan, uhui”.
Baca:  Tunanetra dan literasi digital

Jadi, Kartuneters, mulai dulu aja, lalu buat yang lebih baik. Kalau harus selalu membuat yang baik, maka karya tak akan pernah tercipta di muka bumi ini.

Dan jangan lupa untuk like video, share, comment, dan follow akun TikTok saya, yaaaa!

Bagikan artikel ini
Banyu Kanila
Banyu Kanila

Kerunutan berfikir adalah sebuah cita-cita dan pembelajaran seuur hidup. Menulis adalah cara menyampaikan cerita sebagai sejarah. Membaca adalah cara mengenali dunia jauh lebih dalam.

Articles: 10

Leave a Reply